Menganal Blog Dan Manfaatnya

Blog atau web blog adalah sebuah media sarana berbentuk aplikasi yang dijalankan di internet yang dapat menampilkan berbagai konten multimedia seperti teks, gambar, video dan lain sebagainya..



Menurut Wikipedia media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com sekitar tahun 2002 sejarah lengkapnya bisa dilihat di Wikipedia.

Di era yang serba canggih ini sudah banyak orang yang menggunakan blog untuk berbagai kegiatan yang bermanfaat, mulai sebagai saran belajar menulis, sekedar catatn harian hingga sebagai sarana berkomunkasi antar komunitas yang biasa disebut komunitas blogger.

Pengguna blog tidak menganal batas usia, mulai dari anak - anak sampai orang tua, stiap blog mempunyai topik - topik yang berbeda mulai topik - topik yang ringan, campuran hingga topik yang paling berat.

Saya sendiri menganal blog dulu karena terpaksa, serius ? ya... sangat terpaksa pada saat itu ketika semasa kuliah ada satu materi kuliah yang harus saya unduh atau download dari blog milik dosen saya waktu itu.

Semenjak saat itulah saya mengenal blog sekitar tahun 2008 dan untuk pertamakalinya saya menggunakan platform blogger.com atau bisa juga disapa blogspot sebagai platform blog yang menurut saya waktu sangat mudah digunakan atau user friendly.

Setelah menggunkan blogspot saya juga belajar membuat blog dengan wordpress kala itu, itupun juga karena terpakasa ... serius ? yes ... karena tuntutan dosen juga yang mengharuskan saya belajar membuat blog serta mengupload bebrapa tugas - tugas kuliah.

Dengan blog kita bisa melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat selain untuk menyalurkan hobby kita juga bisa bekerja atau menhasilkan uang dari blog.

Untuk saat ini makin populer istilah Monetize blog atau monetisasi blog yang berarti mengkomersilkan blog dengan cara menjadikan blog sebagai media publikasi iklan dan konten blog tersebutlah sebagai penarik pengnjung atau traffik.

Tak hanya itu,  ada juga cara menghasilkan uang lewat blog  dengan cara menjual produk atau jasa seperti jasa - jasa kunsultasi, training atau jasa desain blog atau web dan lain sebagainya.

Okelah, itulah tadi singkat cerita tentang blog dan berbagai manfaatnya.. sebuah artikel pertama dari blog ini.

Belum berakhir, apa sih tujuan blog ini terbit ?

Ya seperti judul diatas, sebagi tempat mengenal, belajar serta memanfaatkan blog dalam hal berbagi hal serta sekedar nostalgia dengan dunia blogging yang sudah lama saya tinggalkan.

wordpresslike.blogspot.com kenapa url dan judul blognya begini ya?

yups karena saya sangat menyukai kedua platform blog tersebut .

Sekian dan terimkasih :)




Kredit Motor Bekas Semarang : Honda - Yamaha - Suzuki

9 Responses to "Menganal Blog Dan Manfaatnya"

  1. wah saya malah jadi tahu nih tentang blogger . Ada banyak sekali manfaatnya, terutama untuk sharing informasi kepada publik :)

    ReplyDelete
  2. Blog ini sebenarnya bagus, tapi sayang kotak komentar nya ada kode verifikasi capcha dan juga ada moderisasi nya :)

    ReplyDelete
  3. masih jauh dari kata bagus mbak, soalnya baru nulis satu artikel bebas :)

    capcha untuk menguji apakah anda sedang ngantuk apa nggak ? hehehe . . .

    ReplyDelete
  4. saya baru tahu kalau blog pertama kasli tahun 2002,terimakasih gan untuk infonya,,

    ReplyDelete
  5. hanya memberi tips mas. biasanya jika baru ngeblog disarankan untuk tidak memoderasi komentar, karena pengunjung akan berhenti hanya 1 komentar untuk selamanya..
    tetapi jika memang itu penting,itu pribadi masing-masing.terimakasih salam kenal

    ReplyDelete
  6. Saya mengenal blog sejak 2005 buat blog cuma posting doang gak ngerti blogwalking, 2008 bru aktif ngeblog, meskipun blog ku sy tutup karena beberapa hal.. Dan mulai lg tahun 2011 ini dgn blog baru..

    Kira2 mana yg lebih byk penggunanya? Blogger atau wordpress yah?

    ReplyDelete
  7. Saya mengenal blog sejak 2005 buat blog cuma posting doang gak ngerti blogwalking, 2008 bru aktif ngeblog, meskipun blog ku sy tutup karena beberapa hal.. Dan mulai lg tahun 2011 ini dgn blog baru..

    Kira2 mana yg lebih byk penggunanya? Blogger atau wordpress yah?

    ReplyDelete
  8. hehehe blog merupakan social network plus bisa ngobrol n berbagi ilmu :d

    ReplyDelete
  9. @mbak devi, saran bagus :) , salam kenal juga

    @kang dede .. salam kenal juga kang

    @etika .. sama dong mbak .. awal 2005 saya cuman isengg bikin .. tapi gak tau mau dibuat apa .. baru 2008 berfungsi..

    kalau jumlah pengguna mungkin hampir sama .. soalnya yang pke wp biasanya juga punya bp..


    @ sopyan : benul itu gan :)

    ReplyDelete